UPNVJ Terima 58 Mahasiswa dari Wilayah Barat Hingga Timur Nusantara ‘Tuk Belajar Selama Satu Semester

HumasUPNVJ – Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) di lingkungan UPN “Veteran” Jakarta telah memasuki Angkatan ke-3. Sebagaimana yang dimaksudkan Kemendikbudristek, PMM adalah salah satu inisiatif penting dalam dunia pendidikan tinggi di Indonesia. PMM memberikan kesempatan bagi mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi untuk belajar di lingkungan akademik yang berbeda, sambil juga memperdalam pemahaman tentang kebhinekaan Indonesia.

Pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024 ini UPNVJ menerima 58 mahasiswa dari berbagai wilayah di luar Pulau Jawa. Upacara penyambutan dan penerimaan dilaksanakan pada 14 Agustus 2023 di Auditorium FK Gd. Wahidin Sudirohusodo Lt. 3.

Upacara tersebut dibuka oleh Ketua LP3M, Satria Yudhia, S.E., M.Ak dengan melaporkan program penerimaan PMM. Animo program PMM di UPNVJ dapat dikatakan meningkat dari tahun lalu. Tercatat ada 390 mahasiswa yang mewakili 82 perguruan tinggi di Indonesia mendaftar di UPNVJ. Setelah melewati proses seleksi, didapat 62 mahasiswa yang dinyatakan lolos tetapi hanya 59 orang yang melakukan konfirmasi dan kemudian 1 orang mengundurkan diri. Dengan itu tercatat 58 mahasiswa aktif pengikuti PMM Angkatan 3 di UPNVJ.

IMG_9247.JPG

Satria juga menyampaikan bahwa sebaran mahasiswa yang datang ke UPNVJ merata dari seluruh Indonesia. Mahasiswa paling jauh datang dari wilayah paling Barat Nusantara yaitu Universitas Malikussaleh dan Universitas Syiah Kuala. Sementara dari wilayah paling Timur Nusantara UPNVJ kedatangan mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Papua.

Saat diwawancarai Tim Humas UPNVJ, beberapa mahasiswa mengaku alasannya memilih UPNVJ karena mereka belum pernah menginjakkan kaki di Jakarta. “Karena saya belum pernah ke Jakarta dan saya ingin mengunjungi Pulau Jawa dan saya tertarik dengan… kebetulan jurusan saya Sistem Informasi. Saya melihat bagaimana sih Sistem Informasi yang ada di UPNVJ.” Ujar Esterika Simangunsong Universitas Prima Indonesia, Sumatera Utara. Pernyataannya juga didukung oleh Nur Mayanti, teman satu almamaternya.

mhs_pmm_3.png

Para mahasiswa juga begitu tertarik dengan identitas Kampus Bela Negara yang lekat dengan UPNVJ. “Aku cari tahu UPNVJ itu gimana sih dan ternyata UPNVJ merupakan universitas bela negara di Jakarta.” Ungkap Mutiara R. Pangulu dari Universitas Negeri Gorontalo. Mutiara berharap UPNVJ akan mengajarkan banyak hal-hal berkenaan dengan semangat juang bela negara di kalangan mahasiswa.

Tidak hanya dua alasan di atas, ada juga La Ode Mahzum yang mengaku memiliki harapan agar UPNVJ bisa memfasilitasi dirinya untuk mengeksplor start up dan media yang ada di Jakarta. “Sepengetahuan aku di Jakarta itu banyak banget start up yang keren-keren. Nah aku mau eksplor apa aja sih yang ada di Jakarta. Terus dengan aku daftar di UPNVJ aku pengen UPNVJ jadi jemnbatan aku mengeksplor beberapa start up dan media yang keren-keren di Jakarta.”

IMG_9288.JPG

Selaras dengan alasan dan harapan mahasiswa, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. dr. Ria Maria Theresa, SpKJ., MH, yang dalam hal ini mewakili Wakil Rektor Bidang Akademik, menyatakan komitmen bahwa UPNVJ akan memberikan pelayanan dan pengajaran terbaiknya demi mewujudkan harapan serta mencapai dari tujuan program PMM ini. Ria mengungkapkan UPNVJ telah menyusun modul belajar yang tentunya akan memperkenalkan mahasiswa pada kebudayaan Jakarta.

Kegiatan upacara penyambutan dan penerimaan mahasiswa PMM 3 akhirnya ditutup dengan prosesi penyematan almamater secara simbolis sebagai tanda bahwa diterimanya mahasiswa-mahasiswi PMM UPNVJ.

IMG_9329.JPG

 

 

Berita Sebelumnya

Menembus Batas Informasi: Bagaimana Big Data dan AI Membentuk Masa Depan Kita

Berita Selanjutnya

PKKMB FEB "Prabawa Bramanta" UPNVJ Hari Pertama Berlangsung Meriah