Kisah Bayu Saputra, Wisudawan UPNVJ Peraih Mahardika yang Gemar Berkompetisi

WhatsApp_Image_2023-09-30_at_12.48.54_(1).jpeg

HumasUPNVJ - Bayu Saputra, wisudawan Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta dari jurusan Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan, berhasil meraih Penghargaan Karya Mahardika di Wisuda ke-71 di Jakarta Convention Center pada Selasa, 26 September 2023. Bayu mendapat penghargaan tersebut atas prestasinya yang gemilang di bidang akademik dan nonakademik.

Penghargaan Karya Mahardika adalah bentuk penghargaan dari UPN "Veteran" Jakarta yang diberikan kepada Wisudawan Program Sarjana dan Program Diploma yang mempunyai prestasi di bidang akademik dan nonakademik.

Total ada 16 prestasi yang diraih Bayu ketika dirinya berkuliah di UPN Veteran Jakarta, dengan beberapa di antaranya sebagai juara satu atau peraih medali emas.

Bayu mengaku senang berpartisipasi di berbagai kompetisi, terutama di Asean Innovative Science, Environmental & Entrepreneur Fair (AISEEF) pada 2021.

"Perlombaan tersebut merupakan kompetisi skala internasional yang pertama kali saya dan tim ikuti, bahkan dalam tingkat prodi juga belum ada," ucap Bayu.

Awalnya Bayu mengaku bingung harus melakukan apa untuk bisa berkompetisi di AISEEF. Namun berkat tekad kuat serta bantuan dari dosen pembimbing, Bayu dan rekan-rekannya mampu menyelesaikan proyek tepat waktu.

Berbagai kesulitan dihadapi di tengah perjalanan, terutama karena kompetisi AISEEF 2021 berlangsung di tengah pandemi Covid-19. Keterbatasan gerak membuat Bayu kesulitan berdiskusi secara langsung dengan tim atau pembimbung.

"Saya yang saat itu berada di kampung halaman (Indramayu) juga merasakan kesulitan, mulai dari jaringan yang tidak stabil hingga jadwal kuliah padat yang membuat kami harus berdiskusi hingga larut malam setiap harinya," tutur Bayu.

Setelah semua persiapan selesai, Bayu dan tim akhirnya melakukan presentasi di AISEEF 2021. Berkat perjuangan keras tim serta dukungan dosen pembimbing, Bayu berhasil meraih medali emas.

"Rasa haru, senang, dan bangga menyelimuti saya dan tim saat hari pengumuman. Perlombaan inilah yang pada akhirnya menjadi awal dari kegiatan-kegiatan skala internasional selanjutnya," pungkas Bayu.

Berikut daftar prestasi Bayu Saputra pada periode 2020-2023:

1.  Medali Emas, Indonesia International IoT Olympiad (I3O) 2023
2.  Juara II, Lomba Esai Hari Aids Sedunia 2022
3.  Medali Emas, World Invention Competition & Exhibition (WICE) 2022
4.  Medali Perak, Global Competition for Life Sciences (GloCoLiS) 2022
5.  Medali Perunggu, International Youth Business Competition 2022
6.  Juara II,Scientific and Education for Nutrition Student atau SCIFI NEUTRON 2022
7.  Juara 1, Lomba Debat Working Together to Serve Society Better (WORKFORCE) 2021
8.  Medali Emas, Asean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair (AISEEF) 2022
9.  Juara I, Lomba Debat Kesehatan Nasional RANALHECOM 2021
10. Medali Perunggu, Penghargaan Penemuan dan Inovasi Pemuda Dunia (WYIIA) 2021
11. Juara II, Lomba Esai Nasional CARBON 3.0 2021
12. Medali Emas, Asean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair (AISEEF)2021
13. Juara I, Lomba Debat Ranalhecom 2020
14. Penulis pertama, Artikel Ilmiah terindeks sinta 3 di Suara FORIKES "Status Gizi dan Lama Rawat Inap Pasien Covid-19 di RS RST Dompet Dhuafa"
15. Keorganisasian, Koordinator Inventaris UKM MC 2021/2022
16. Keorganisasian, Kepala Divisi Kajian Strategis dan Advokasi 2020/2021

Berita Sebelumnya

Rektor UPNVJ Lakukan Penanaman Pohon dan Pemetaan Tanah di Kampus Limo

Berita Selanjutnya

Berprestasi Akademik dan Nonakademik, Simak Cara Dapatkan Penghargaan Mahardika