Bahas Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual pada Remaja, Tim PKM-PM UPNVJ Laksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat

HumasUPNVJ - Pada hari Rabu dan Kamis, 26-27 Juli 2023 telah dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh tim PKM-PM UPN “Veteran” Jakarta yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 4 Depok dari pukul 07.30 sampai 12.20 WIB. Tema dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Pembentukan Kelompok Diskusi Interaktif Comprehensive Sexuality Education sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual pada Remaja di SMA Muhammadiyah 4 Depok”. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan remaja dalam mengenali bentuk-bentuk kekerasan seksual dan mencegah terjadinya kekerasasan seksual pada remaja, sehingga diharapkan juga mampu menurunkan angka kejadian kekerasan seksual pada remaja di SMA Muhammadiyah 4 Depok. Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah seluruh siswa/i kelas 10 dan anggota organisasi IPM kelas 11 SMA Muhammadiyah 4 Depok dengan jumlah peserta yang menghadiri sekitar 120 peserta. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan oleh tim PKM-PM yang merupakan mahasiswa aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN “Veteran” Jakarta dengan diketuai Febilla Dwinanda Riyanti yang didukung anggota Shaulla Chairunnisa, Nahda Fini Shabriyyah, Fathiyah Rahmah, dan Yulanda Tantra Zaharani, serta melalui bimbingan Chahya Kharin Herbawani selaku dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN “Veteran” Jakarta. Rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan selama 2 hari.

IMG_9596.JPG

Kegiatan di hari pertama diawali dengan pembekalan tutor sebaya dan registrasi peserta, pembukaan oleh MC, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pemberian sambutan dari Ketua Pelaksana yaitu Febilla Dwinanda Riyanti dan Kepala Sekolah yaitu Bapak Hariyanto Sutan Kamil, dan dilanjutkan dengan pengisian pre-test. Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah penyampaian materi pertama terkait kesehatan reproduksi dengan menggunakan media informasi dan alat peraga yaitu rompi alat reproduksi untuk memudahkan peserta untuk memahami fungsi alat reproduksi berdasarkan letaknya. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembiasaan dari sekolah yaitu kegiatan sholat dhuha sekaligus waktu untuk peserta istirahat. Selanjutnya, penyampaian materi kedua terkait kekerasan seksual yang dibantu dengan media informasi agar memudahkan peserta dalam menerima informasi. Rangkaian selanjutnya adalah sesi ice breaking dan dilanjut pembagian kelompok kegiatan Focus Group Discussion (FGD), role playing, dan cerdas cermat yang akan dilaksanakan di hari kedua. Setelah itu, dilakukan sesi foto bersama dan penutupan kegiatan hari pertama oleh MC.

Kegiatan di hari kedua diawali dengan registrasi peserta, pembukaan oleh MC, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah Focus Group Discussion (FGD) dengan melakukan kegiatan pembahasan kasus mengenai bentuk kekerasan seksual yang berbeda setiap kelompoknya dan pembagian peran untuk persiapan kegiatan role playing, serta dilanjutkan penampilan role playing dari masing-masing kelompok. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembiasaan dari sekolah yaitu kegiatan sholat dhuha sekaligus waktu untuk peserta istirahat. Selanjutnya, kegiatan lomba cerdas cermat seputar materi kekerasan seksual yang diikuti dengan sangat antusias oleh perwakilan masing-masing kelompok. Rangkaian selanjutnya adalah pembagian hadiah untuk para pemenang di sesi ice breaking dan cerdas cermat, kemudian dilanjut dengan pengisian post-test. Setelah itu, dilakukan sesi penyerahan selempang satgas kekerasan seksual secara simbolis kepada perwakilan peserta, pemberian kenang-kenangan, buku pedoman, dan poster kepada pihak SMA Muhammadiyah 4 Depok. Lalu, dilanjut kegiatan terakhir yaitu foto bersama dan penutupan kegiatan hari kedua oleh MC.

IMG_7151.jpg

Penulis: Tim PKM-PM Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPNVJ

Berita Sebelumnya

Semangat Transformasi, Pimpinan Fakultas UPNVJ Didorong Bekerja Efektif dan Efisien

Berita Selanjutnya

Kembali Ukir Prestasi, Universitas Pembangunan Nasional Band “Veteran” Jakarta Raih Juara Favorit di Malang