UPNVJ Hadiri Rapat Koordinasi Persiapan SNPMB 2024

 

HumasUPNVJ - Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan Materi dan Promosi Pelaksanaan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024. Acara yang dihadiri 148 perwakilan Humas dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri ini digelar di Bandung, Jawa Barat pada 5-7 Desember 2023.

Bertindak sebagai salah satu narasumber, Prof Tjitjik Sri Tjahjandarie dari Universitas Airlangga menyebutkan adanya beberapa perubahan aturan pada pelaksanaan SNPMB 2024.

Salah satu perubahan itu adalah larangan bagi siswa yang lulus Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) untuk mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dan Seleksi Mandiri. 

Prof Tjitjik mengatakan beberapa perubahan ini mengacu pada Permendikbudristek No. 48 tahun 2022 tentang Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri.

"Pada intinya, perubahan ini memberikan ruang setara bagi calon mahasiswa program D3, D4, dan Sarjana," tutur Prof Tjitjik

Hal lain yang perlu menjadi perhatian pada SNPMB 2024 adalah perluasan partisipasi ujian, baik pada program vokasi, program seni/humaniora, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Sama seperti tahun 2023, pusat UTBK untuk SNPMB 2024 berlokasi di 74 PTN, dan untuk pusat UTBK Tunanetra terdapat di 51 PTN.

Rapat koordinasi ini merupakan persiapan menjelang peluncuran resmi SNPMB 2024 yang rencananya digelar secara daring pada Jumat, 8 Desember 2023 pukul 14.00 - 16.00 WIB melalui siaran langsung via akun Instagram @_snpmbbppp dan livestreaming YouTube di akun SNPMB BPPP.

Berita Sebelumnya

Pembukaan Pendaftaran Bakal Calon Dekan Fakultas Ilmu Komputer UPNVJ Periode 2024-2027

Berita Selanjutnya

FH UPNVJ Lakukan Sosialisasi dan Pendampingan Hukum Pendaftaran Merek Dagang UMKM