UPNVJ Jadi Tuan Rumah PKP2 2024 Belmawa Ristekdikti

 

HumasUPNVJ - Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta (UPNVJ) menjadi tuan rumah Penilaian Kemajuan Pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKP2 – PKM) 2024 se- Indonesia yang diselenggarakan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) pada Minggu, 21 Juli 2024.

Program Kreatif Mahasiswa (PKM) merupakan upaya memandu mahasiswa menjadi pribadi taat aturan, kreatif dan inovatif serta objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual, serta memberi kesempatan kepada mahasiswa dalam menyalurkan kreativitas dan inovasi mereka.

Dalam kesempatan ini, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama dr. Ria Maria Theresia mengatakan bahwa UPNVJ sudah mewajibkan para mahasiswa untuk ikut dalam program PKM, dan ini pun telah dijadikan syarat wajib untuk pengajuan skripsi.

Pembukaan_PKP2_IMG_9996.JPG

"UPNVJ sudah mewajibkan PKM untuk semua mahasiswa sehingga saat mereka awal masuk sudah kami perkenalkan, dan semua wajib membuat proposal sesuai kepeminatan. Hal ini juga wajib sebelum mereka mengajukan skripsi," jelas Ria dalam sambutannya di Auditorium Bhinneka Tunggal Ika UPNVJ.

"Ini dilakukan dengan tujuan agar mahasiswa bisa memiliki kepekaan dengan apa pun yang terjadi di sekitar mereka, dan peluang apapun yang mereka bisa ambil untuk menunjang kreativitas mereka."

"Tidak hanya paham akademik, para mahasiswa juga bisa memahami permasalahan di masyarakat dan memberikan solusinya, sehingga mereka juga dapat mengembangkan soft skill tentang bagaimana berkomunikasi dan berkolaborasi dengan masyarakat," tambahnya.

Dalam laporannya, Ketua PKM Belmawa Sukino, S.Pd. M.A.P menyampaikan bahwa pendanaan PKM 2024 melibatkan 459 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di seluruh Indonesia, dengan 3.520 proposal yang didanai. Sementara jumlah mahasiswa yang ikut serta mencapai 15.633.

Pembukaan_PKP2_IMG_9963.JPG

"Dalam 10 hari ke depan, para reviewer akan menilai tentang apa pun yang telah dicapai selama kegiatan. Tidak hanya itu, para mahasiswa juga diminta melaporkan penggunaan anggaran yang diberikan. Tentu dengan ini kami membutuhkan bantuan panitia dan reviewers, di mana UPNVJ bersedia jadi tuan rumah tahun ini," ujar Sukino.

"Agenda ini merupakan rangkaian dari PKM, di mana para mahasiswa wajib menyampaikan laporan dari bantuan yang diberikan. Dalam penilaian nantinya, para mahasiswa menyampaikan semua kemajuan tentang apa yang sudah lakukan, dan capaian yang telah mereka dapat selama prosesnya," sambung dia.

Sukino juga menyampaikan bahwa nantinya Belmawa Ristekdikti akan memberikan penghargaan kepada universitas, dosen pendamping, dan para mahasiswa sesuai dengan semua kriteria yang sudah ditetapkan sebelumnya dalam pedoman.

Pembukaan_PKP2_IMG_1508.JPG

Berita Sebelumnya

Tingkatkan Kesadaran Terhadap Etika Penelitian UPNVJ Gelar Webinar Series 6

Berita Selanjutnya

Pelaksanaan PKP2 Hari Pertama: 360 Tim dari Seluruh Indonesia Pamerkan Inovasi Bisnis Terbaik di Acara PKP2