Pentingnya Pembentukan Karakter bagi Mahasiswa Gen-Z di Era Digital: Talkshow Inspiratif di PKKMB UPNVJ 2024

Jakarta, 12 Agustus 2024 – Lebih dari 4000 mahasiswa baru Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) antusias mengikuti talkshow inspiratif bertajuk "Membangun Karakter Gen Z untuk Masa Depan yang Cerah" yang digelar sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Acara ini menghadirkan narasumber-narasumber inspiratif dari berbagai latar belakang, yang berhasil membakar semangat para peserta yaitu Ricky Boy Permata, Olivia Louis, dan Irvan Susandy.

Talkshow_1.png
Ricky Boy Permata, Olivia Louis, dan Irvan Susandy (foto: dari kiri ke kanan).

Hadir sebagai pembicara, Ricky Boy Permata, Co-Founder dan Chief Operating Officer PT Trimegah Karya Pratama Tbk (IDX: UVCR), menekankan pentingnya membangun karakter yang kokoh bagi generasi muda di era digital. "Generasi Z perlu memiliki smart lifestyle sejak dini," tegas Ricky Boy. Ia mengajak mahasiswa untuk aktif menjalin relasi dan terus belajar hal-hal baru. "Mulailah bermain sambil diseimbangkan dengan menghasilkan uang" pesannya.

Ricky Boy juga memberikan pandangan mendalam tentang pentingnya literasi keuangan bagi generasi muda. Ia mendorong mahasiswa untuk mulai berinvestasi sejak dini, salah satunya melalui pasar modal.

Senada dengan Ricky Boy, Olivia Louis, seorang influencer muda, juga menekankan pentingnya investasi, terutama investasi pada diri sendiri. "Investasi leher keatas sangat penting bagi generasi Z. Dengan meningkatkan soft skills dan pengetahuan, kita akan lebih siap menghadapi tantangan masa depan," ujar Olivia. Menurut Olivia, generasi Z memiliki potensi besar untuk memiliki masa depan yang mudah, namun perlu dibekali dengan soft skills yang memadai.

IMG_0913.JPG
Pemaparan para narasumber

Irvan Susandy, Direktur Bursa Efek Indonesia, turut memberikan perspektif mengenai manfaat menanam modal berupa saham bagi Gen Z di masa kini. Ia mengajak mahasiswa untuk lebih mengenal pasar modal dan memanfaatkan berbagai sumber informasi yang tersedia, termasuk media sosial. "Dengan memahami pasar modal, kita dapat membuat keputusan investasi yang lebih cerdas," ungkap Irvan.

Mr. Changkun Shin, Direktur Kiwoom Sekuritas, menambahkan bahwa generasi muda perlu memiliki mindset kewirausahaan. "Jangan takut untuk memulai bisnis sejak dini. Mahasiswa memiliki banyak ide kreatif yang bisa dikembangkan menjadi peluang usaha, tetapi perlu adanya pertimbangan matang-matang dan tidak fomo" ujarnya.

Talkshow ini berhasil memberikan motivasi dan inspirasi bagi para mahasiswa baru UPNVJ. Mereka diajak untuk tidak hanya fokus pada prestasi akademik, tetapi juga mengembangkan diri secara holistik, baik dari segi karakter, pengetahuan, maupun keterampilan.

IMG_0815.JPG
Foto bersama narasumber dengan pimpinan UPNVJ

Berita Sebelumnya

PKKMB UPNVJ 2024: Menyiapkan Mahasiswa Baru dengan Semangat Berprestasi

Berita Selanjutnya

Rektor Suarakan Semangat Berprestasi dan Membangun Negeri di PKKMB UPNVJ 2024