Kolaborasi dengan Kampus Luar Negeri, LPPM UPNVJ Gelar International Conference of Community Development 2024

HumasUPNVJ - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universtas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (LPPM UPNVJ) berkomitmen menyelaraskan Visi Komunitas ASEAN 2045 dan Indonesia Emas 2045, yang memprioritaskan pembangunan komunitas yang inklusif dan berkelanjutan. Selain itu, LPPM UPNVJ juga berkontribusi terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) sebagai kerangka global untuk masa depan yang lebih baik.

Sejalan dengan hal ini, LPPM UPNVJ menghadirkan Dr. Trairong Swatdikun dari Universitas Walailak yang aan membahas praktik terbaik dalam pemberdayaan masyarakat melalui kolaborasi kopi Indonesia-Thailand.

Dr.Ir. Damianus Adar dari Universitas Nusa Cendana berbagi pengalamannya mengenai program pengabdian masyarakat internasional terkait pencegahan stunting di Timor-Leste. Dr. Ibnu Malkan Bakhrul Ilmi dari UPNVJ memaparkan hasil Kerjasama Program Kerja Lapangan Internasional UPNVJ.

Anter Venus dalam sambutannya ketika membuka acara mengatakan bahwa ia percaya bahwa wawasan dan pengalaman yang dibagikan oleh para pembicara akan menginspirasi kita untuk memperkuat kontribusi kita terhadap keterlibatan masyarakat di tingkat ASEAN.

Sri Lestari, Kepala LPPM UPNVJ juga menjelaskan bahwa kegiatan ini berlangsung karena melihat LPPM UPNVJ sudah selalu aktif dalam mengembangkan program PKM dan KKN, “Sejak tahun 2023, LPPM UPNVJ mengembangkan program PKM dan KKN pada lingkup internasional dengan lokasi kegiatan di negara anggota ASEAN yaitu Malaysia dan Timor Leste. 

Strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kontribusi kegiatan pengabdian masyarakat dalam mencapai pembangunan berkelanjutan antara lain dengan meningkatkan kolaborasi antara perguruan tinggi, pemerintah, swasta, dan masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat pasti lebih efektif jika dilakukan secara kolaboratif antara berbagai pihak. Selain itu, bentuk kegiatan harus relevan dengan kebutuhan masyarakat agar dapat memberikan manfaat yang nyata. Dengan meningkatkan kontribusi kegiatan pengabdian masyarakat, perguruan tinggi dapat berperan lebih aktif dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Sehingga kami bekerja sama dengan Universitas Nusa Cendana dan Universitas Dili”, ucapnya

Peserta SENABDIMAS LPPM UPNVJ 2024 diikuti oleh dosen, mahasiswa, Peneliti dan Pengabdi, serta masyarakat umum dari seluruh Indonesia.

WhatsApp_Image_2024-10-16_at_20.16.16.jpeg

Berita Sebelumnya

Debat Perdana Cagub-Cawagub Banten, Dekan Fakultas Kedokteran UPNVJ Jadi Panelis