Esai Ilmiah Karya Royal Eden, Mahasiswa FK UPNVJ, Berhasil Membuatnya Sebagai Juara 1 Dalam Kompetisi SRF

HumasUPNVJ – Seakan tidak pernah lelah menjadi mahasiswa aktif berprestasi, Royal Eden More Silaban Angkatan 2020 FK UPNVJ turut berpartisipasi dalam acara ilmiah tahunan berskala nasional yang ddiselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (FK USU), Medan.

SRF (SCRIPTA RESEARCH FESTIVAL)–nama kegiatan tersebut–FK USU dilaksanakan selama empat hari penuh terhitung mulai 26 sampai dengan 29 Januari 2023. Penyelenggaraan kegiatan ini dilakukan secara tatap muka di FK USU.

Dalam ajang yang mengangkat tema besar “A New Strategy to Expand Knowledge and Innovation in Infectious Disease Prevention, Surveillance, and Control”, Royal sebagai satu-satunya delegasi dari UPNVJ berhasil meraih predikat Juara 1 di cabang Scientific Essay setelah mengalahkan berbagai delegasi lain  dari FK Unair, FK UI, FK Unand, FK UIN Jakarta, FK UNS, FK UII, dan FK  lainnya. 

royal_2.1.jpg

Royal dengan bangga dan percaya diri mempresentasikan karyanya yang berjudul “Inovasi Terapi Spondilitis Tuberkulosis Menggunakan Umbilical Cord Mesenchymal Stem Cells (UC-MSCs) Termediasi Injectable Bone Substitute (IBS) Berbahan Alami dari Kekayaan Alam Indonesia Melalui Proses Elektrohidrodinamik Sederhana Bermuatan Obat Antibiotik” di hadapan tiga dewan juri yakni dr. Yunilda Andriyani, M.K.T., Sp.ParK, Ph.D., Dr. dr. Rina Amelia Sp.KKL., dan dr. Tetty Aman Nasution, M.Med.Sc.

Dibalik terciptanya tulisan yang berkualitas, obyektif, dan dapat dipertanggung jawabkan ada peran dosen pembimbing yang senantiasa mengarahkan Royal mulai dari melakukan riset hingga Menyusun hasil riset tersebut. Dosen pembimbing tersebut diketahui adalah dr. Marlina Dewiastuti, Sp. PD, M.Kes.

Sebagai pembimbing, tentunya dr. Marlina turut bangga dan memberikan apresiasi terbesarnya kepada anak didiknya. Baginya, prestasi ini adalah hasil dari kerja keras dan ketekunan Royal pada kompetisi yang diikutinya. “Saya bangga dengan Royal karena ditengah-tengah kesibukannya belajar sebagai mana tugas utama seorang mahasiswa, Royal masih mampu menyumbangkan banyak prestasi kepada universitas. Saya harap dikesempatan lain Royal bisa meraih prestasi lagi bahkan hingga ke tingkat internasional.” Ucap dr. Marlina saat ditanyai tanggapannya mengenai kabar bahagia ini.

Dengan segudang prestasi yang telah dikantonginya menjadikan Royal Eden sebagai salah satu mahasiswa berprestasi di lingkungan UPNVJ bahkan mampu memotivasi mahasiswa lain untuk mengikuti jejaknya.

sertif_royal_2.jpg

 

Prestasi Sebelumnya

Untuk Kesekian Kalinya, Royal Eden, Mahasiswa FK UPNVJ Toreh Prestasi di Tingkat Nasional

Prestasi Selanjutnya

UKM Gita Advayatva Ikut Koompetisi di Bangkok: Kami Mohon Doa dan Dukungan Agar Raih Medali Emas