Program Hibah Bina Desa UPN “Veteran” Jakarta, Gerakan Mahasiswa untuk Memanfaatkan Potensi Masyarakat di Desa Cimulang,Bogor

 

 

Program Hibah Bina Desa UPN “Veteran” Jakarta, Gerakan Mahasiswa untuk Memanfaatkan Potensi Masyarakat di Desa Cimulang,Bogor

 

 

                       

(Jakarta, 5 November 2017) Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek) menyelenggarakan kegiatan “Monitoring Evaluasi Program Hibah Bina Desa” yang berlokasi di gedung Rektorat Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta.

 

 Dr.Drs. Suyatno, MM saat memberikan sambutan

 

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama (AKPK) Dr.Drs, Suyatno, MM, dalam sambutannya beliau mengharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat bermanfaat untuk masyarakat di tempat mahasiswa melaksanakan tugas dan bermanfaat bagi mahasiswa untuk lebih kreatif dan dapat menyeleseikan masalah masyarakat dengan praktek kerja nyata. Dalam kegiatan ini turut hadir Mahasiswa dari berbagai Universitas yang terpilih oleh Ristek untuk mempresentasikan programnya. Universitas yang terpilih ialah Universitas Pembangunan Nasional “ Veteran” Jakarta, Universitas Pakuan, Sekolah Tinggi PLN, Politeknik Negeri Jakarta, dan Nahdlatul Ulama.

 

Kegiatan ini, diadakan pada tanggal 5-7 November 2017 di lokasi yang berbeda. Pada kesempatan kali ini, Mahasiswa UPN “Veteran” Jakarta mempresentasikan program kerja yang sudah dilakukan dengan judul “Pemanfaatan dan Pendistribusian Sampah Sebagai Pemberdayaan Masyarakat di Desa Cimulang Kabupaten Bogor”, dalam paparannya Mahasiswa UPN “Veteran” Jakarta melakukan perubahan dari potensi desa yang ada dengan memanfaatkan sampah menjadi barang yang bernilai, guna memajukan perekonomian dan kesejahteraan warga setempat. Pemanfaatan yang dilakukan oleh Mahasiswa UPN “Veteran” Jakarta dalam kegiatannya ialah memanfaatan sampah plastik dan botol plastik barang fungsional memalui metode Ecobrick, mendistribusikan sampah non organik yang di tukar melalui metode Hari Menabung Sampah, mengelola sampah organik atau sampah rumah tangga untuk dijadikan pupuk. Ulfah Eka Viani salah satu pesrta dan juga Mahasiswa UPN “Veteran” Jakarta memaparkan mereka berhasil membuat taman baca atau taman bermain dari bahan dasar Ecobrick, juga meningkatkan ekonomi masyarakat dari hari menabung sampah dan masyarakat mempunyai hasil pertanian sendiri dari pengolahan pupuk organik.

paparan_anak_upn.jpg

 

“harapan saya, agar kegiatan ini akan terus berlanjut dan berkembang tidak hanya di satu ataupun di beberapa Desa tapi terus mencakup ke desa-desa lainnya guna memanfaatkan potensi yang ada di masyarakat dan menciptakan masyarakat yang mandiri dan sejahtera. Organisasi yang dibuat oleh Universitas dapat menyeleseikan masalah yang ada di masyarakat saat ini,” ungkap Aris Suhadi dari Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

 

 

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari segenap civitas akademika Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta, serta Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

 

(Anisa Triselia Humas UPNVJ)

foto_upn_5_nov.jpg

Berita Sebelumnya

Mempersiapkan Mental Mahasiswa Hukum di Kompetisi Tingkat Nasional melalui Kompetisi Peradilan Semu

Berita Selanjutnya

Pembukaan Kompetisi Debat Hukum Veteran Law 2017