LPPPM UPNVJ Inisiasi Bimbingan Teknis Dosen Pendidikan Agama Islam

HumasUPNVJ - Wakil Rektor Akademik UPN Veteran Jakarta Dr. Antar Venus, MA Comm., memberikan sambutan pada pembukaan Bimtek Dosen Pendidikan Agama Islam UPN Veteran Jakarta. Sebanyak  16 Dosen menghadiri Bimtek tersebut yang diadakan di Ruang Mass Classroom Gd. Soetomo Lt.2., Selasa (19/07/2022).

Dr. Antar Venus mengatakan karakter warga negara yang baik dilandaskan dengan nilai-nilai agama. Keyakinan atau Core Believe yakni sebuah sistem keyakinan yang dimiliki salah satunya tentang keyakinan beragama. “Melalui agama kita ingin memastikan mahasiswa berpartisipasi menjadi warga negara yang baik melalui nilai-nilai agama yang tercerminkan dari perilakunya. UPN Veteran Jakarta, memandang Agama yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi perilaku orang, menggerakan perilaku orang harus di pahami secara tepat, secara benar dalam perspektif titik berdiri yang diambil oleh UPN Veteran Jakarta sebagai Kampus Bela Negara,” kata Dr. Antar Venus mengawali sambutan.

Picture1.png

Dr. Antar Venus berharap agar seluruh dosen mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang strategi, metode dan model-model pembelajaran dari narasumber yang kompeten di bidangnya yaitu pemateri pertama disampaikan oleh Prof. Dr. H. Abuddin Nata, MA seorang Guru Besar Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta yang menyampaikan materi karakteristik pendidikan agama islam di perguruan tinggi umum yang memiliki ciri khas kampus bela negara.

Prof. Dr. H. Abbudin Nata, MA, menjelaskan bagaimana melihat perspektif bela negara dalam perspektif islam. “Pendidikan Agama Islam harus melalui multi approach, dengan demikian dapat menghadirkan materi agama islam secara menarik dan dapat diikuti seiring dengan perkembangan jaman. Pentingnya Pendidikan Agama Islam dengan menanamk  an iman menjadi dorongan menjadi mental spiritual, apabila mental spiritual ini di amalkan akan tercermin karakter yang islam yang Rahmatan Lil’alamin,” jelas Prof. Dr. H. Abbudin Nata, MA.

3.png     Picture2.png

Sesi kedua Bimtek Dosen Pendidikan Agama Islam disampaikan oleh Prof. Dr. H. Armai Arief, M.Ag. seorang Guru Besar di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Jurusan Pendidikan Agama Islam dan dosen PTIQ Jakarta Fakultas Tafsir dengan materi Moderasi Beragama pada Perguruan Tinggi Umum Moderasi Beragama pada Perguruan Tinggi Umum.

 

Berita Sebelumnya

FGD Sebagai Pra Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Kabupaten Indramayu

Berita Selanjutnya

Awalnya Coba-Coba, Ternyata Juara. Tim PKM 5 Bidang UPNVJ Raih Medali Perunggu di PORSIMNAS WIMAYA 2022