Kuliah Umum Panda Nababan di UPNVJ Bahas Independensi Media Massa

Panda_Nababan_UPNVJ_IMG_0083.jpg

HumasUPNVJ - Wartawan senior Panda Nababan mengisi kuliah umum di Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta pada Selasa, 12 Desember 2023. Kegiatan ini berlangsung di Aula Bhinneka Tunggal Ika, Rektorat Lt. 4 UPNVJ.

Selain Panda Nababan, kuliah umum ini juga menghadirkan penanggap dari Dosen Ilmu Politik UPNVJ M. Prakoso Aji. Ia turut memberikan tanggapannya terkait dengan independensi media massa di Indonesia. 

Dalam penjelasannya, Panda Nababan dengan penuh semangat mengajak para mahasiswa UPNVJ untuk bersama-sama mempertahankan integritas dan independensi media sebagai penjaga demokrasi. Ia menyoroti peran krusial media dalam memastikan penyampaian informasi yang objektif, akurat, dan berimbang kepada masyarakat.

Panda Nababan menyoroti perlunya mahasiswa untuk memiliki sikap kritis terhadap kondisi sosial yang ada, agar mereka bisa memiliki literasi yang baik. "Mahasiswa harus punya nalar kritis, terhadap terpaan berita di tahun politik," ujar Panda Nababan.

Masih dalam kuliah umumnya, Panda Nababan mengapresiasi UPNVJ atas inisiatif menyelenggarakan acara ini. Kampus, menurut dia, adalah tempat berkumpulnya pemikir-pemikir muda. "Kalian adalah pilar-pilar keberlanjutan demokrasi kita," seru Panda Nababan.

Dekan FISIP UPNVJ, S. Bekti Istiyanto, mengungkapkan bahwa media memiliki peran sentral dalam kehidupan demokrasi, dan kehadirannya memiliki posisi kuat dan diperlukan bagi masyarakat. "Independensi media adalah tulang punggung demokrasi, sehingga tidak memunculkan adanya politik dinasti," ucap Bekti dalam sambutannya.

Sementara itu, penanggap kuliah umum M. Prakoso Aji, juga turut menekankan peran penting media dalam kehidupan negara demokrasi. "Media massa menjadi pilar penting dalam demokrasi dan menjadi watchdog atas kinerja pemerintah," tuturnya.

Dalam rangkaian kuliah umum panda nababan juga berbincang dengan rektor UPNVJ  tentang berbagai dinamikan  pemilu di ruang publik. Pada kesempatan tersebut Panda juga menyerahkan empat buku biografi panda nababan yang diterima secara langsung oleh Rektor UPNVJ.

Panda_Nababan_UPNVJ_IMG_0097.jpg

Berita Sebelumnya

Terus Berprestasi, Humas UPNVJ Kembali Raih Penghargaan Bergengsi Nasional: Anugerah DiktiRistek 2023

Berita Selanjutnya

Dharma Wanita Persatuan UPNVJ Gelar Seminar Kesehatan Jantung dan Reproduksi Wanita