Simposium BKS-PTN Barat Tahun 2024 di UPNVJ Berjalan Lancar

HumasUPNVJ - Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta selaku penyelenggara Simposium Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri - Wilayah Indonesia Bagian Barat Tahun 2024 mengusung tema "Optimalisasi Pengelolaan Dosen dan Kurikulum Pendidikan Vokasi melalui Sinergi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri" yang diselenggarakan pada hari Kamis 11 Juli 2024 bertempat di Hotel Aston Tb. Simatupang Jakarta Selatan.

UPNVJ menghadirkan narasumber yang luar biasa diantaranya:

“Optimalisasi Pengelolaan Dosen dan Kurikulum Pendidikan Vokasi Melalui Sinergi Dengan Dunia Usaha Dan Dunia Industri Untuk Meningkatkan Daya Saing Global” Yang akan dipaparkan melalui platform zoom oleh Keynote Speaker kita : Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Dr. Ir. Kiki Yuliati, M. Sc dan Prof. Dr. Ir. Sri Suning Kusumawardani, S.T., M.T Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Turut hadir secara langsung juga, Ketua Tim Forum Pascasarjana BKS-PTN Barat Prof. Dr. Ir. Hidayat, MP. Yang membahas mengenai Pengelolaan Kurikulum Pendidikan Pasca Sarjana Reguler dan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dengan sub topik: capaian pembelajaran lulusan; metode pembelajaran, modalitas pembelajaran, penilaian hasil belajar,  kurikulum rekognisi pembelajaran lampau dan tugas akhir.

Strategi Mengatasi Keterbatasan Sumber Daya Pendidikan Pasca Sarjana dengan sub topik multiple homebase dan dosen tidak tetap oleh Rektor UPN "Veteran" Jakarta Dr. Anter Venus, M.A., Comm. Pengelolaan SDM Pendidikan Pasca Sarjana dengan sub topik kompetensi, kualifikasi; dan pemenuhan kualifikasi dosen melalui rekognisi pembelajaran lampau oleh Rektor Universitas Sumatera Utara Prof. Dr. Muryanto Amin, S. Sos., M.Si.

Pengelolaan Program Vokasi dan Pasca Sarjana; Perspektif Bidang Seni

 dengan sub topik: kompetensi; kualifikasi; rekognisi pembelajaran lampau;
capaian pembelajaran lulusan; metode pembelajaran;modalitas pembelajaran; penilaian hasil belajar; dan tugas akhir oleh Rektor ISI Padang Panjang Dr. Febri Yulika, S.Ag., M.Hum. Pengeloaan Pendidikan Vokasi; Perspektif Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dengan sub topik: kompetensi; kualifikasi; rekognisi pembelajaran lampau; capaian pembelajaran lulusan; metode pembelajaran; modalitas pembelajaran; penilaian hasil belajar; dan tugas akhir oleh Rektor UIN Sultan Syarif Kasim Prof. Dr. Khairunnas Rajab, M.Ag. Pengelolaan SDM Pendidikan Vokasi  dengan sub topik:  kompetensi, kualifikasi; dan pemenuhan kualifikasi dosen melalui rekognisi pembelajaran lampau oleh Direktur Politeknik Negeri Jakarta Dr. Syamsurizal, S.E., M.M.

IMG_9906.JPG

Rektor UPNVJ, Anter Venus menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan besar yang memiliki manfaat yang banyak, “Kegiatan ini sangat luar biasa, outputnya banyak sekali baik untuk Pendidikan vokasi dan pascasarjana, diantaranya menyelaraskan kurikulum pendidikan vokasi dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri. Meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dosen pendidikan vokasi. Membangun kerjasama yang lebih erat antara institusi pendidikan vokasi dengan dunia usaha dan dunia industri. Menyediakan platform bagi pertukaran ide, pengalaman, dan praktik terbaik dalam pengelolaan dosen dan kurikulum pendidikan vokasi, khusus untuk vokasi. Selain itu banyak manfaat juga untuk Pascasarjana, Meningkatkan pemahaman mengenai pengelolaan dosen dan kurikulum pendidikan pascasarjana sesuai dengan Permendikbud 53/2023. Meningkatkan daya saing lulusan pascasarjana melalui kurikulum yang relevan dan kompetensi dosen yang tinggi. Memfasilitasi kemudahan akses program pascasarjana terhadap dosen praktisi dan industri. Mendorong pengembangan karir dosen secara berkelanjutan”, jelasnya

IMG_9940.JPG

Ketua Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri - Wilayah Indonesia Bagian Barat , Profesor Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si dalam sambutannya juga berterimakasih kepada UPNVJ sebagai penyelenggara karena acara berjalan dengan lancar.

Sub topik yang dibahas pada kegiatan ini yakni, Optimalisasi Pengelolaan Dosen dan Kurikulum Pendidikan Vokasi melalui Sinergi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Meningkatkan Daya Saing dan Kompetensi Pascasarjana melalui Pengelolaan Dosen yang Optimal dan Kurikulum yang Adaptif Berdasarkan Permendikbud 53/2023.

 

 

Berita Sebelumnya

Rasa Syukur Zhafira dan Rizky Bisa Lulus SEMA UPNVJ 2024

Berita Selanjutnya

UPNVJ Buka Prodi Sains Data, Tawarkan Lulusannya Menjadi Analis Terbaik