Humas UPNVJ Kembali Gelar Live Talk Show Seleksi Mandiri UPNVJ 2023

HumasUPNVJ - Dari tahun ke tahun, Humas UPN Veteran Jakarta bekerja sama dengan tim Penerimaan Mahasiswa Baru untuk menggelar Live Talk Show Seleksi Mandiri UPNVJ 2023 program sarjana dan diploma. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan informasi yang jelas dan detail kepada seluruh calon pendaftar.

Live Talk Show Seleksi Mandiri UPNVJ 2023 dilaksanakan secara daring melalui beberapa platform, diantaranya Zoom Meeting, Live Instagram, dan Live Streaming YouTube dengan menghadirkan Dudy Heryadi selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UPNVJ dan Fajar Nugroho selaku Koordinator Penmaru UPNVJ sebagai narasumber. (13/6)

IMG_1167.JPG

Wakil Rektor Bidang Akademik menyampaikan hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam proses SEMA 2023 ini, “Seleksi Mandiri Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta yang kami singkat menjadi  SEMA UPNVJ agar mudah diingat. SEMA UPNVJ Tahun 2023 ada beberapa yang perlu diperhatikan, dalam SEMA  UPNVJ selalu berlandaskan dengan aturan dan juga memperhatikan rekomendasi dari stakeholder. Untuk aturan yang digunakan adalah Permendikbudriset No. 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri didalamnya mengatur pelaksanaan seleksi mandiri secara lengkap, mulai dengan pengaturan kuota, informasi yang perlu disiapkan oleh dan juga ketentuan ketentuan yang perlu diperhatikan dalam pelaksanan seleksi mandiri. selain itu juga UPNVJ memperhatikan rekomendasi oleh Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) agar Perguruan tinggi menyiapkan tata kelola penerimaan mahasiswa baru dengan transparansi sejak sebelum seleksi sampai dengan pengumuman kelulusan”, jelas Dudy

IMG_1014_copy.JPG

“Pendaftar  SEMA UPNVJ Tahun ini tetap wajib berasal dari Peserta UTBK-SNBT Tahun 2023. Tahun ini SEMA UPNVJ ada 2 Jalur, yaitu jalur akademik dan jalur prestasi. Tahun ini juga SEMA UPNVJ selain memanfaatkan hasil UTBK juga menyelenggarakan ujian, yaitu ujian bela negara yang pelaksanaannya dilakukan secara daring. Ujian Bela Negara dilakukan merujuk statuta pendirian UPNVJ yang merupakan kampus bela negara. Materi Ujian meliputi pancasila, wawasan kebangsaan, kewarganegaraan, dan nilai-nilai belanegara dengan harapan pendaftar yang nantinya lulus, memiliki jiwa bela negara yang memahami spek-aspek bela negara. Peserta SEMA UPNVJ silahkan persiapkan ujian bela negara dengan baik, baik menambah wawasan tentang bela negara juga perhatikan dan persiapkan teknis pelaksanaan ujiannya”, lanjut Dudy

IMG_1157.JPG

Berbeda dengan Koordinator Penmaru, Fajar Nugroho menjelaskan hal-hal teknis dimulai ketentuan pendaftaran, tahapan pendaftaran, biaya Pendidikan, Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), kuota masing-masing program studi, pelaksanaan teknis ujian bela negara, kriteria kelulusan, jadwal penting, informasi mengenai Kartu Indonesia Pintar – Kuliah (KIPK) dan Kartu Jakarta Pintar (KJP). 

Kegiatan Live Talk Show Seleksi Mandiri UPNVJ 2023 ini diikuti kurang lebih 200 participant, meliputi guru, siswa kelas 12, orang tua murid dan pegawai UPNVJ.

 

Berita Sebelumnya

Seminar Executive Series 18: Produk Dalam Negeri untuk Indonesia Emas 2045

Berita Selanjutnya

Tingkatkan Kemajuan Universitas, UPNVJ Lantik 45 Dosen dengan Tugas Tambahan