Lifepal dan UPNVJ Gelar Webinar Pentingnya Melek Perencanaan Keuangan Serta Jurus Hadapi Tantangan Internet Marketing

Lifepal bersama UPN Veteran Jakarta menggelar webinar bertemakan “Perencanaan Keuangan untuk Gen Z dan Potensi Serta Tantangan Internet Marketing dalam Menghadapi Era Digital” pada Maret 2022 mendatang. 

Webinar yang ditujukan untuk para mahasiswa ini menghadirkan Financial Educator dan Perencana Keuangan Lifepal.co.id, Aulia Akbar, CFP®, AEPP® serta Head of SEO Lifepal.co.id, Dudung Rahmanto.

Kedua narasumber ini akan mengupas tuntas soal financial planning dan digital marketing agar mahasiswa sebagai generasi Gen Z bisa merdeka finansial hingga mengoptimalisasikan SEO untuk memberikan penghasilan tambahan. 

Financial Educator dan Perencana Keuangan Lifepal.co.id, Aulia Akbar, CFP®, AEPP® mengatakan, bagaimana para peserta didik (mahasiswa maupun mahasiswi) sebagai Gen Z  mampu mengatur keuangan mereka hingga akhirnya bisa merdeka finansial.

“Merdeka finansial itu memang tidak mudah dicapai, tapi bukan tidak mungkin kita bisa mencapainya. Masa-masa kuliah merupakan masa yang paling berharga bagi seseorang. Jika seseorang sudah bisa disiplin merencanakan keuangan di masa ini, maka di masa tua dia bisa lebih mudah mencapai kemerdekaan finansial,” ungkap Aulia Akbar.

Menurut Akbar, ada enam tahap yang dilewati menuju kemerdekaan finansial. Yang pertama adalah fase ketergantungan, yaitu fase awal di mana seseorang masih bergantung pada orang lain untuk hidup.

Fase ini dilanjutkan dengan fase solvency, ketika seseorang sudah memiliki penghasilan karena baru masuk dunia kerja.

Ketiga, ada fase stabilitas, yakni ketika keuangan seseorang sudah mulai stabil. Di fase ini, seseorang menerima penghasilan yang lebih tinggi dan bisa menabung dengan dana yang lebih banyak, memiliki asurasnsi kesehatan (lifepal.co.id/asuransi/kesehatan/) dari perusahaan asuransi terbaik (lifepal.co.id/media/perusahaan-asuransi/), serta memiliki dana darurat yang cukup. 

Di tahap keempat, ada fase terbebas dari segala bentuk kewajiban berbentuk utang. Selanjutnya, ada fase aman, yaitu ketika sudah memiliki investasi yang memberikan penghasilan pasif setara pengeluaran kebutuhan pokok. 

Melewati fase aman, ada fase merdeka, fase di mana seseorang dikatakan merdeka finansial. Penghasilan pasif dari investasinya dapat membiayai kebutuhan pokok atau hal lain yang diinginkan per bulannya.

Selain membahas perencanaan keuangan untuk Gen Z agar bisa merdeka fiinansial, Head of SEO Lifepal.co.id, Dudung Rahmanto juga memaparkan kiat bagaimana generasi melek teknologi ini bisa menghasilkan pendapatan dari mengoptimalkan Search Engine Optimization (SEO), yaitu salah satu metode marketing online yang tujuannya menaikkan traffic atau pengunjung ke website kita. 

Tak hanya untuk kegiatan belajar dan mengerjakan tugas kuliah, memanfaatkan search engine juga bisa memberikan berbagai keuntungan lain, di antaranya:

1. Peluang besar untuk produksi konten-konten seputar jurusan, mata kuliah. Di website

kampus, atau personal blog.

2. Peluang besar untuk monetize, mendapatkan income dari internet, melalui

google adsense, affiliate, online coaching, consultation, ebook, endorse dan sebagainya.

Dengan memanfaatkan peluang yang ada di internet marketing sebagai penunjang semua kebutuhan, mahasiswa bisa mendapatkan beragam keuntungan.

 

Sumber artikel:

 

Artikel ini ditulis oleh Financial Educator dan Perencana Keuangan Lifepal.co.id, Aulia Akbar, CFP®, AEPP® serta Head of SEO Lifepal.co.id, Dudung Rahmanto sebagai bagian dari kolaborasi bersama UPNVJ.

Berita Sebelumnya

UPNVJ Gelar Bimbingan Teknis BMN

Berita Selanjutnya

dr. Basuki : Disebut Silent Disease, Osteoporosis Kebanyakan Baru Dikeluhkan Ketika Tulang Patah