Tingkatkan Kualitas Pengetahuan, Perpustakaan UPNVJ Raih Akreditasi A dari Perpusnas RI

HumasUPNVJ – Perpustakaan UPN “Veteran” Jakarta (UPNVJ) hari ini merayakan pencapaian luar biasa sebab secara resmi memperoleh akreditasi A dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI). Prestasi ini menegaskan komitmen kuat UPNVJ dalam memberikan sumber daya pengetahuan berkualitas tinggi kepada para mahasiswa dan segenap civitas academica UPNVJ serta masyarakat luas. Pencapaian ini juga merupakan bentuk implementasi atas komitmen UPNVJ untuk meningkatkan penelitian dan inovasi di berbagai disiplin ilmu.

Pengumuman resmi mengenai akreditasi ini disampaikan oleh Rektor UPNVJ, Dr. Anter Venus, MA., Comm. Venus menerima sertifikat akreditasi dari Perpusnas RI dan kemudian menyerahkannya kepada Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan UPNVJ, Fajar Nugroho, MP.

"Perpustakaan UPNVJ telah melewati evaluasi yang ketat dan terbukti memenuhi standar yang ditetapkan oleh Perpusnas RI. UPNVJ akan terus berupaya memperkaya koleksi bahan Pustaka, meningkatkan layanan, sehingga dapat meningkatkan tingkat literasi di lingkungan UPNVJ dan sekitarnya." Ucap Venus saat melakukan visitasi Perpustakaan UPNVJ (30/08).

DSC05794.JPG

Dengan akreditasi A ini, Perpustakaan UPNVJ memberikan pengakuan yang layak atas upaya keras tim perpustakaan dalam menjaga dan meningkatkan kualitas layanan, serta memberikan dampak positif pada reputasi universitas secara keseluruhan.

Tim perpustakaan UPNVJ telah mempersiapkan pengakreditasian sejak akhir 2022. Kepala UPT Perpustakaan ercerita bahwa proses persiapan memakan waktu kurang lebih setengah tahun. Selama itu tim mempelajari secara keseluruhan instrumen akreditasi perpustakaan tinggi dan melengkapi dokumen yang mendukung proses akreditasi serta melakukan berbagai persiapan lainnya. Hingga akhirnya pada bulan April 2023, penilaian untuk akreditasi diselenggarakan oleh Perpusnas RI.

“Perpustakaan UPNVJ sudah mempersiapkan akreditasi ini sejak akhir 2022. Saat itu kami mempelajari secara keseluruhan instrumen akreditasi perpustakaan perguruan tinggi. Lalu kami melakukan persiapan-persiapan, melengkapi kelengkapan dokumen akreditasi. Alhamdulillah sudah terlaksana akreditasi itu di bulan April yang diselenggarakan Perpustakaan Nasional dengan kehadiran tiga asesor yang ditunjuk oleh Perpustakaan Nasional RI.” Jelas Fajar dalam sesi wawancara dengan Tim Humas UPNVJ.

wawancara_perpus.png

Perpustakaan UPNVJ diketahui telah berkolaborasi dengan perpustakaan perguruan tinggi lain seperti perpustakaan UPI, UNPAD, dan Telkom. Kolaborasi ini sangat membantu Perpustakaan UPNVJ selama masa persiapan. Fajar menyampaikan bahwa timnya melakukan studi banding demi mempelajari persiapan akreditasi berdasarkan pengalaman universitas masing-masing.

Akreditasi yang dicapai juga mencerminkan bagaimana perpustakaan UPNVJ telah beradaptasi dengan teknologi dan menghadirkan layanan digital yang relevan, selain dari koleksi buku fisik yang kuat. Dengan dukungan ini, mahasiswa dan civitas academica UPNVJ lainnya serta masyarakat luas memiliki akses ke sumber daya global dan peluang untuk mengembangkan literasi digital.

Tidak berhenti sampai sini, Perpustakaan UPNVJ akan terus melakukan peningkatan di berbagai hal. Secara khusus kepada seluruh civitas academica UPNVJ dan secara umum kepada Masyarakat luas, Fajar menyampaikan bahwa Perpustakaan UPNVJ akan senantiasa melakukan pengembangan baik pada SDM, koleksi dan juga layanan dari yang analog hingga digital mau pun dari segi teknologinya.

DSC05831.JPG

Berita Sebelumnya

Tingkatkan Kuantitas dan Kualitas Asesor di Lingkungan Kampus, UPNVJ Gelar Pelatihan

Berita Selanjutnya

Angkat Tema Artificial, UFO UPNVJ Gelar Pameran Angkatan X